Powered by Blogger.
Home » , » Makna Dari Ketupat

Makna Dari Ketupat

Unknown | 9:30 AM | 0 komentar
Hallo semua, pada bulan syawal ini di Daerah Jawa Tengah ada tradisi yang unik yaitu tradisi "Bodo Kupat" yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia Lebaran Ketupat. Bodo Kupat itu tiba pada tanggal 5-7 bulan syawal setelah bulan ramadhan. Tetapi kalian semua tahu gag sich, kenapa kok diadakan Bodo Kupat?


Bodo Kupat itu diadakan untuk pertanda atau simbol dari kemenangan di bulan suci ramadhan. Sedangkan Bodo Kupat itu terdiri dari dua suku kata yang mempunyai arti Bodo=bakda atau sudah sedangkan kupat= ku lepas. Jika kita gabung artinya Sudah Ku Lepas. Menurut sesepuh Desa di daerah Kabupaten Rembang makna dari Sudah Ku Lepas yaitu melepaskan semua perbuatan dosa yang lalu yang telah mereka kerjakan, dan dengan ikhlas melepas semua perbuatan buruk untuk menyongsong perbuatan yang baik. Selain itu juga melepaskan semua kesalahan orang lain kepada kita (memaafkan) saling memaafkan atau istilah kerennya menghapus kesalahan orang lain kepada kita. Dan makna itu disimbolkan dalam bentuk ketupat :


Ketupat dibuat dalam bentuk segiempat takberaturan, hal itu sengaja dibentuk agar menyerupai hati manusia. Apabila kita belah akan menjadi seperti:


Belahan putih yang bersih, maknanya yaitu hati manusia yang bersih dari dosa-dosa seperti saat kita baru dilahirkan oleh sang ibu. Artinya kita sesudah memenangi bulan suci hati kita bersih dari dosa.

Sedangkan simbol yang lainnya adalah "Lepet".


Lepet dibuat dari ketan dan kelapa dibungkus dengan lilitan daun kelapa muda lalu dikukus. Bentuk ini sengaja dibuat untuk mengingatkan kepada manusia bahwasannya pada saat nanti kita akan menjadi lepet tetapi dalam bentuk mayat yang dikafani dengan kain mori dan di ikat pada tali.


Sedangkan Lepet sendiri memiliki arti dalam bahasa jawa yaitu "Dilem seng rapet" atau "Dilem sampai rekat (Bahasa Indonesia)". Maksudnya yaitu jika kita mempunyai teman dan kita tahu keburukannya kita tidak boleh membuka aibnya dan kita disuruh untuk menyembunyikan aib teman kita. Karena sesungguhnya jika kita membuka aib seseorang aib kita akan dibuka oleh Tuhan YME, sesungguhnya Tuhan Maha Mengetahui.

Pokok dari ini semua yaitu sebagai rasa syukur kepada Tuhan atas karunia yang diberikan kepada kita semua dan sebagai pelajaran hidup untuk selalu bersyukur dan ingat akan kewajibah bereibadah kepada Tuhan YME. Karena sampai 1000 tahunpun kita hidup pasti kita akan kembali kepada sang pencipta yaitu Tuhan YME (Allah SWT).
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Please your comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011-2014. Yezaki - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger